Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Walikota Bogor Bima Arya Puji Kota Sawahlunto Dalam Menjaga dan Mengelola Kota Pusaka

Sawahlunto – Ketua Presidium Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI), Bima Arya, yang juga Walikota Bogor, memuji pengelolaan kota tua/heritage di Kota Sawahlunto.

“Kota Sawahlunto ini kota tua istimewa, kaya dengan sejarah dan budaya, sampai diakui UNESCO menjadi kota warisan dunia. Senang sekali kami hari ini bisa datang langsung ke Sawahlunto dan mengunjungi kawasan cagar budaya kota tua di kota ini,” tutur Walikota Bogor Bima Arya, di Sawahlunto, Sabtu 17 September 2022.

Menurutnya, bukan pekerjaan yang gampang untuk menjaga dan mengelola kota tua atau kota pusaka, namun Kota Sawahlunto telah berhasil melakukan hal tersebut.

“Bukan pekerjaan mudah, ditambah dengan masa yang dilalui cukup panjang yang artinya harus ada kesabaran. Pemerintah Kota dan masyarakat Sawahlunto telah membuktikan bisa bahu membahu menjalani itu, kita harus mengapresiasinya,” sebutnya lagi.

Karena itu, Bima Arya mengatakan sangat bagus bagi kabupaten/kota lainnya, anggota JKPI untuk mengambil referensi dari Sawahlunto bagaimana menjaga dan mengelola kota pusaka.

“Jadi, kita perlu belajar dari Kota Sawahlunto ini. Belajar dan berkolaborasi, karena tentunya Sawahlunto juga tidak sempurna di semua bidang. Makanya, nanti di sana kita bisa saling mendukung,” ulas Bima Arya.

Ia kemudian menyampaikan ketika dulu dirinya bersama Walikota Sawahlunto Deri Asta dan pengurus JKPI lainnya, diterima Presiden Jokowi di Istana, nama Kota Sawahlunto disebut-sebut sampai lebih tiga kali oleh Presiden.

“Rupanya Presiden Jokowi sangat terkesan dengan Sawahlunto ini. Kata Presiden waktu itu, kalau untuk menjaga kota pusaka coba lihat di Sawahlunto,” ungkapnya.

Menanggapi pujian dari Walikota Bogor Bima Arya itu, Walikota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan terimakasih dan meminta Walikota Bima Arya tidak segan mengkritik, terutama jika melihat ada yang tidak baik dari Kota Sawahlunto.

“Pujian Pak Bima Arya menggembirakan bagi kami. Namun, kami juga membuka diri untuk dikritik/diberikan saran terhadap pengelolaan kota pusaka ini, jadi nanti silahkan Pak Bima Arya juga menyampaikan saran-sarannya bagi Sawahlunto,” kata Deri Asta.

rakyatterkini.com

Leave a Comment