Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bangun City Museum dan Rumah Budaya Sumbawa, Koordinasi dengan ANRI Pusat

Menindak lanjuti Kerja sama Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan Perpustakaan Nasional (PERPUSNAS),  Bupati Sumbawa, Drs H. Mahmud Abdullah, sebagai Anggota JKPI melakukan komunikasi langsung dengan kepala Arsip Nasional Republik Indonesia, Imam Gunarto M.Hum, terkait usulan Mendirikan City Museum Sumbawa atau Galeri Kota tempat penyimpanan benda dan arsip kuno Sumbawa yang beradaptasi dengan era milenial. Rabu (13/04/2022).

“ secara perinsip, Pemda Sumbawa sudah menyiapkan bangunan yang akan di isi dengan konten kesejarahan Sumbawa itu sendiri. Dan sangat memerlukan perhatian Anri dan perpusnas, untuk mewujudkan gagasan tersebut,” ungkap Bupati Sumbawa, Mahmud Abdullah.

Selain Galeri Kota. Lanjut Bupati Sumbawa, berdasarkan potensi kebudayaan Kabupaten Sumbawa, sebagai satu-satunya kabupaten yang menjadi anggota JKPI di provinsi NTB, selayaknya terdapat sebuah bangunan yang berfungsi sebagai Rumah Budaya Sumbawa, sebagai ruang pertemuan dan tempat mengekpresikan sumber daya kreatif  manusia Sumbawa, dua hal tersebut yang menjadi fokus perhatian Pemkab Sumbawa sehingga mendatangi kantor Arsip Nasional Republik Indonesia, ungkap Bupati Sumbawa.

Mendengar hal tersebut, Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia,  Imam Gunarto bersedia memberikan perhatian dan bantuan sesuai dengan kemampuan lembaga yang di pimpinnya.

“ kami akan mengeventarisir arsip Sumbawa yang tersimpan di arsip kami, mulai priodesasi era 1600san, sambil kita komunikasikan dengan lembaga arsip negara lain di Eropa,” ujar kepala Anri, sambil mengajak untuk mengunjungi ruang arsip dan diorama anri, turut serta dalam kunjungan tersebut,  Bupati Sumbawa yang di dampingi oleh Kepala Arpusda Kabupaten Sumbawa, Sahril M.Pd dan Kepala Bappeda kabupaten Sumbawa, Ir. Junai. M.Si, turut serta dalam kunjungan tersebut, Direktur JKPI,  Nanang Asfarinal dan Budayawan Taufik Rahzen. (AJS)

suaramandalika.com

Leave a Comment

https://indonesiaheritage-cities.org/