Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TIM LITERASI DIGITAL MALUT GELAR WEBINAR DAN NOBAR DI HALMAHERA BARAT, JEJARING KOTA PUSAKA

Setelah sukses menyelenggarakan beberapa rangkaian program literasi digital (makin cakap digital) di kota Ternate yang sukses melibatkan ribuan orang, kini penanggung jawab program Literasi Digital (LD) Maluku Utara akan menggelar program serupa yaitu webinar zoom dan nonton bareng di lokasi penyelenggaraan Festival Teluk Jailolo Kabupaten Halmahera Barat pada hari Sabtu (13/8) nanti.
Berbagai langkah persiapan untuk mematangkan agenda kegiatan tersebut terus dilakukan antara lain melaksanakan zoom meeting antara project manager Malut beserta timnya dengan perangkat OPD terkait seperti Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga serta Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Halmahera Barat.
Pada kesempatan ini Tamrin Ali Ibrahim selaku Project Manager Literasi Digital Maluku Utara menuturkan bahwa program yang dipimpinnya telah sukses melaksanakan webinar dan nonton bareng di Taman Film Benteng Oranje dengan menghadirkan Bapak Menteri Kominfo RI, Walikota Ternate, serta para narasumber nasional maupun lokal. Kegiatan yang diselingi dengan gelaran hiburan musik dari komunitas serta pemutaran film dan tatap muka bersama konten kreator telah disambut baik oleh masyarakat kota Ternate yang berjubel dari berbagai kalangan di akhir pekan beberapa waktu lalu.
Rapat bersama Tim Literasi Digital Maluku Utara
Thamrin yang juga akademisi serta mantan ketua KNPI Provinsi Maluku Utara berucap bahwa bersama tim Literasi Digital Malut, dirinya akan melaksanakan kegiatan serupa di berbagai Kabupaten/Kota di provinsi Maluku Utara hingga beberapa waktu mendatang dan akan dilakukan secara berkelanjutan dalam kemasan konsep acara yang lebih menarik pada tahun-tahun mendatang. Lanjut Thamrin, bahwa kegiatan yang dipimpinnya merupakan program nasional dari kementerian Kominfo RI ini bertujuan agar masyarakat menjadi lebih cakap digital terlebih ditengah dinamika perkembangan zaman dan transformasi digital yang semakin tumbuh pesat saat ini.  Menurut Thamrin juga bahwa program ini sangat berguna bagi masyarakat luas agar tidak mudah terpapar hoax dan disaat yang bersamaan juga diharapkan mampuh menjaga data pribadi dari berbagai penyalahgunaan di ruang digital.
Sementara itu, Kepala Dinas Pariwista, Pemuda dan Olahraga dan juga Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Halmahera Barat dalam zoom meeting tersebut menyambut baik program literasi digital (makin cakap digital) yang direncanakan akan dilaksanakan di lokasi Festival Teluk Jailolo Kabupaten Halmahera Barat tersebut. Kedua kepala dinas tersebut juga akan membantu mempersiapkan berbagai hal yang diperlukan oleh tim LD Malut sehingga diharapkan kegiatan teraebut berjalan sesuai rencana dan harapan dan tentunya berdampak poaitif bagi masyarakat di Kabupaten Halmahera Barat yang juga merupakan salah satu anggota dari Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI).
Webinar zoom terkait persiapan Event di Kabupaten Halmahera Barat bersama Tim LD Malut dan OPD terkait
Thamrin selaku Project Manager bersama tim kerjanyapun hingga kini terus aktif berupaya untuk memaksimalkan peran berbagai pihak demi kesukseaan gelaran kegiatan di Halmahera Barat nantinya. Tim LD Malut juga semakin mematangkan konsep dan kesiapan teknis lainnya melalui berbagai pertemuan sebagaimana yang dilakasanakan pula pada malam tadi, Minggu (7/8) di caffe Rotasi Ternate bersama Kieraha Project, konten kreator bersama Genpi provinsi Maluku Utara, Genpi Kabupaten Halmahera Barat sebagai pengisi acara dan mitra program yang akan digelar nanti. Pertemuan yang digelar inipun menghasilkan berbagai pemikiran kreatif yang akan semakin menambah cita rasa dan kualitas acara yang akan digelar nanti tentunya.
Tentunya hal ini juga akan berdampak positif dan semakin memperkuat program yang selama ini telah berlangsung yaitu program Segitiga Emas di provinsi Maluku Utara yang melibatkan pemerintah Kota Ternate, Kota Tidore Kepulauan dan juga Kabupaten Halmahera Barat dalam hal kerjasama di bidang Pariwisata, Pertanian dan Perikanan. Untuk diketahui bahwa program Segitiga Emas ini merupakan sebuah program yang telah berlangsung daerah tersebut di benteng Oranje Ternate kala itu.

Leave a Comment